Sosialisasi Program Unggulan Iptek di Makassar

Post 7 of 30

Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) merupakan salah satu peserta yang terpilih dalam Program Pengembangan Pusat Unggulan Iptek (PUI) yang diselenggaarakan oleh Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti), yang bertujuan untuk menguatkan kapasitas dan kapabilitas lembaga penelitian dan pengembangan (litbang) yang diarahkan untuk menjawab tantangan Indonesia di masa depan.

Komputasi Awan dan Data Center Pemerintah merupakan Program Unggulan IPTEK dari BJIK, yang memiliki Layanan Cloud Computing untuk instansi pemerintah. Kelebihan dari layanan BJIK ini adalah, server yang berada di dalam negeri sehingga memudahkan untuk interoperability, aplikasi yang dapat dikustomisasi, dan memiliki tingkat kerahasiaan data yang baik, dengan didukung oleh iOTENTIK Government Certification Authority (GovCA). GovCA ini merupakan penyelenggara Sertifikasi Elektronik yang berfungsi sebagai pihak ketiga terpercaya yang berwenang menerbitkan, memvalidasi dan mengelola sertifikat digital yang diperuntukkan bagi sistem elektronik di lingkungan pemerintah.

Guna memasyarakatkan program PUI, BJIK melaksanakan Sosialisasi Teknologi Komputasi Awan dan Data Center Pemerintah dengan Keamanan Digital di Hotel Ibis, Makassar pada tanggal 10 Agustus 2017. Sosialisasi ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Safari Bakti Teknologi untuk Negeri yang diadakan oleh Lembaga PUI . Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan yaitu diantaranya adalah Pare-pare, Sinjai, Enrekang, Palopo, Barru, Luwuk Utara, luwuk, Gowa, dan Maros.

PUIMakassar_2

Acara diawali dengan paparan dari Kepala BJIK, Kelik Budiana, mengenai profil BJIK dan layanan teknologi yang disediakan, terutama Komputasi Awan dan Data Center. Paparan selanjutnya disampaikan oleh Hartanto Kurniawan, staf Program dan Penerapan Teknologi di BJIK, mengenai aplikasi-aplikasi yang dikembangkan oleh BJIK dan telah diimplementasikan di instansi pemerintah, baik di pusat maupun daerah. Aplikasi-aplikasi tersebut antara lain: Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus), e-Kelurahan, Sistem Perijinan, dan Implementasi Sertifikat Digital. Selain paparan, juga dilakukan demo aplikasi-aplikasi tersebut. Untuk mendukung keamanan data dan jaringan komputer, juga dipaparkan mengenai pengembangan Sistem Monitoring Teknologi Informasi dan Komunikasi (SimonTIK), yaitu sebuah tools yang dapat digunakan untuk memonitor serangan-serangan terhadap sebuah server. Tools ini mampu melihat IP asal penyerang serta apa saja yang dilakukan oleh penyerang.

PUIMakassar_1

Dalam acara ini juga dilakukan diskusi dan tanya jawab oleh para peserta sosialisasi. Sebagian besar peserta menyatakan tertarik terhadap produk-produk layanan yang disediakan oleh BJIK dan akan melaporkan kepada Bupati/Walikota untuk menindaklanjuti kerjasama yang dimungkinkan. Dari sosialisasi ini, diharapkan para mitra dan calon mitra BJIK dapat mengimplementasikan teknologi informasi di instansi mereka dengan  dukungan dari layanan produk dan jasa TIK yang diberikan oleh BJIK.

PUIMakassar_3

Tags: , , , ,