Pemanfaatan E-Government Untuk Peningkatan Keamanan Data

Post 35 of 35

“Acara temu pelanggan ini adalah yang kedua, kami mengumpulkan mitra-mitra guna untuk saling bertukar informasi mengenai e-government. Rencananya nanti akan ada satu forum yang mana para mitra-mitra kami yang mempunyai aplikasi dapat saling sharing dengan mitra yang lain”, demikan kata Guntur Haryanto dari Balai IPTEKnet BPPT di sela acara Temu Pelanggan IPTEKnet dengan tema Pemanfaatan e-Government untuk Peningkatan Keamanan Data, di BPPT. (10/12)

Aplikasi-aplikasi yang dipunyai oleh masing-masing mitra ini tentunya masih banyak kelemahan di bidang keamanan, kerenanya pada hari ini kita mencoba untuk menggali keamanan seperti apa yang dibutuhkan, sehingga aplikasi tersebut berjalan dengan baik, salah satunya dengan aplikasi SIEM, yang fungsinya untuk mendeteksi penyusup-penyusup yang tidak diinginkan untuk merusak aplikasi yang sudah ada, ungkap Guntur.

Dengan banyaknya hacking sekarang ini, Guntur mengungkapkan banyak Pemda yang meminta kami untuk memproteksi bagaimana potensi keamanan. Dengan kemampuan yang dipunyai IPTEKnet kita coba tularkan ke mitra di Pemda agar dapat dimanfaatkan. Menurutnya sudah ada beberapa Pemda dan Pemerintah Pusat  yang tertarik diantaranya Pemda Sragen, Pemda Bojonegoro, Badung Bali, Buleleng Bali, Yogyakarta, Bapeten, ANRI, BATAN.

Pada kesempatan tersebut Guntur berharap, apa yang telah dipaparkan dan disampaikan pada acara tersebut bisa bermanfaat bagi mitra-mitra dan Pemda, karena beberapa aplikasi yang kita bangun di Pemda merupakan karya teman-teman di BPPT.

Hadir pada acara tersebut Kepala Balai IPTEKnet Irwan Rawal Husdi,  Aidil Chendramata dari Direktorat Keamanan Informasi Kementerian Komunikasi dan Informasi, para mitra IPTEKnet serta para perekayasa dari IPTEKnet. Dalam acara tersebut juga dilakukan diskusi serta demo tentang hacking and security monitoring.

Sumber : http://www.bppt.go.id/index.php/teknologi-informasi-energi-dan-material/1862-pemanfaatan-e-government-untuk-peningkatan-keamanan-data