Kunjungan Pakar DC dari Fujitsu Jepang

Post 10 of 55
Kamis 1 Februari 2018, Data Center (DC) BJIK mendapatkan kesempatan kunjungan kehormatan Prof Hideaki Fujimaki sebagai Executive Architect Service Platform Strategy and Planning Office beserta Mr. Hiroyuki Sugihara sebagai Global Business Promotion Division Global Business Strategy Unit. Bertempat di ruang rapat BJIK lantai 3, kedua pakar tersebut memberikan paparan tentang Data Center Professional Service dihadapan personil pengelola DC BJIK Serpong.
180205_kunjungan_pakar_DC_jepang
Berdasarkan hasil riset yang dilakukan di Jepang, disampaikan tentang teknologi Artificial Intelegence Controlled Green DC Project. Sebagaimana nama project yang diusung, Fujitsu mencoba membuat inovasi teknologi green DC. Konsepnya sangat berbeda sekali dengan teknologi-teknologi green DC yang sudah ada dan diimplementasikan oleh kebanyakan DC. Inovasi yang dihasilkan adalah sebuah teknologi Liquid Immersion Cooling (pendinginan perangkat dengan cara direndam dalam cairan khusus) pada perangkat server yang berada di DC.

Hasil risetnya menyimpulkan bahwa dengan teknologi ini, Fujitsu dapat memberikan manfaat pada DC  yaitu mampu melakukan efesiensi energi sampai dengan 40%, mengurangi kebutuhan ruang pendinginan sampai dengan 50%, dapat dipasang dimana saja dan mengurangi kebisingan akibat suara  blower AC. Bagi BJIK sebagai lembaga yang memiliki dan mengelola langsung DC, teknologi ini tentunya menjadi wacana baru yang perlu dipertimbangkan dalam mengembangkan DC kedepan dengan mengusung konsep Government Green Data Center. (#B)

Tags: , , ,