Kolaborasi Antara Sekolah Tinggi Sandi Negara dan BJIK

Post 1 of 35

Kerjasama antara Pemerintah dan Akademisi sangat diperlukan untuk membangun dan mengembangkan sebuah Sistem. Untuk mewujudkan hal ini, BJIK menggandeng Sekolah Tinggi Sandi Negara (STSN) untuk mengembangkan sebagian modul pendukung Sistem yang telah dimiliki oleh BJIK. Bentuk kolaborasi yang dilakukan adalah dengan kegiatan Praktek Kerja Lapangan (PKL).

Dalam PKL ini, STSN mengirimkan 6 (enam) orang mahasiswa untuk melakukan kerja praktek di BJIK selama kurun waktu 3 (tiga) minggu, yang berakhir pada tanggal 18 Oktober 2017, di bawah bimbingan seorang Dosen Pembimbing.

kolaborasi_stsn_01

Selama PKL berlangsung, para mahasiswa melakukan pengembangan sebagian modul pendukung sebuah sistem di BJIK dengan di-supervisi oleh perekayasa dari BJIK, Wawan Hermawan.

Pada awal kegiatan PKL, mahasiwa memberikan paparan tentang rencana kegiatan yang akan dilakukan. Sedangkan pada akhir pelaksanaan, mahasiswa melaporkan hasil kegiatan yang telah dilakukan selama PKL berlangsung. Pada kedua kesempatan ini, Dosen Pembimbing, Kepala BJIK dan perekayasa BJIK berkenan hadir dan memberikan masukan kepada para mahasiswa tentang hasil kerja prakteknya.

kolaborasi_stsn_02

Dari kegiatan ini diharapkan bahwa mahasiswa akan mendapatkan pengalaman dan tantangan baru untuk menghadapi dunia kerja sesungguhnya di kemudian hari. Sedangkan bagi BJIK, dengan adanya mahasiswa PKL ini, merasa terbantu dengan selesainya sebagian modul pendukung salah satu kegiatan di BJIK. (#KB)

Tags: ,