Kepala BJIK Menjadi Narasumber Pada Acara Workshop Smart E-Government di Surabaya

Post 5 of 35

Pada tanggal 27 September 2017, Kepala Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) BPPT menghadiri Workshop dengan tema “Facing the Indonesia  Smart e-Government” di Surabaya sebagai narasumber. Acara ini merupakan rangkaian acara International  Electronic Symposium di Politeknik Elektronika Negeri Subaya (PENS). Workshop dihadiri oleh hampir seluruh Dinas Komunikasi dan Informatika se-Jawa Timur.

smart_egov_surabaya_01

Pada kesempatan ini, Kepala BJIK memberikan paparan dengan judul “Pemanfaatan Sertifikat Digital untuk Mendukung  Smart e-Government”.  Pentingya Sertifikat Digital untuk mengamankan dokumen-dokumen pemerintahan yang sangat penting dengan mencakup 4 (empat) hal sebagai berikut:

  1. Keotentikan pemilik informasi

            Informasi dikirimkan dan diterima oleh pihak yang benar (keaslian pengirim/penerima informasi).

  1. Kerahasiaan

            Informasi hanya dapat diakses oleh pihak yang sah.

  1. ­Integrity (keutuhan) informasi

            Memastikan bahwa informasi tidak diubah/dimodifikasi selama penyimpanan atau pada saat dikirimkan.

  1. Nir-sangkal

            Pemilik informasi  tidak dapat menyangkal bahwa informasi tersebut adalah miliknya atau telah disahkan                 olehnya.

smart_egov_surabaya_02

Dari hasil diskusi dengan para peserta wokshop, terlihat bahwa mereka sangat antusias untuk bisa mengimplementasikan Sertifikat Digital ini pada aplikasi-aplikasi yang sudah ada.

smart_egov_surabaya_03

Pada rangkaian acara ini, BJIK juga membuka stand untuk memperkenalkan produk-produk layanan teknologi yang dimiliki. #KB

Tags: , , , ,