Implementasi Sertifikat Elektronik Pada Sistem Telemedicine

Post 1 of 55

Guna meyakinkan kepada semua pihak yang terkait dengan Sistem Telemedicine, baik dokter, pasien, petugas laboratorium, apoteker, dan lainnya, maka perlu dibangun sebuah sistem yang aman, terpercaya, dan menjaga keutuhan data.

Data pasien, data hasil diagnosa penyakit, data hasil laboratorium, perlu dijaga kerahasian dan keasliannya. Jika data ini dipertukarkan melalui jalur internet, apapun bentuknya, maka, di samping jalurnya yang harus diamankan, data-data tersebut juga harus dijamin aman dan utuh (asli).

Salah satu metode pengamanan dokumen yang bisa dilakukan yaitu dengan menggunakan Sertifikat Elektronik. Nantinya semua aktor yang terlibat dalam Sistem Telemedicine ini akan diberikan Sertifikat Elektronik, yang salah satu manfaatnya adalah menandatangani dokumen elektronik yang dikeluarkan/disahkan oleh yang bersangkutan.

Dengan tanda tangan elektronik ini, minimal 3 (hal) yang berakitan  dengan keamanan dokumen bisa teratasi. Ketiga hal tersebut adalah :

  1. Pihak yang Tidak sah
  2. Pemalsuan Data
  3. Penyangkalan

Pihak yang Tidak Sah bisa diatasi dengan cara otentikasi. Pemalsuan Data bisa ditutup dengan jaminan keutuhan data (integrity), sedangkan penyangkalan bahwa seseorang telah menandatangani sebuah dokumen, tidak bisa lagi mengelak ketika seseorang sudah membubuhkan tanda tangan elektronik ini.

180419_ca_telemedicine_1

Untuk mewujudkan hal ini, Pusat Teknologi Elektronika (PTE) BPPT telah mengundang Kepala Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) BPPT untuk memberikan paparan tentang Pengamanan Dokumen Elektronik Menggunakan Sertifikat Elektronik pada tanggal 17 April 2018 di Gedung Teknologi 3 BPPT, Puspiptek, Tangerang Selatan.

Acara ini dihadiri oleh Kepala Program Telemedicine, Chief Engineer, Program Manager serta para Engineer Staf.  Setelah paparan oleh Kepala BJIK, dilakukan diskusi dan tanya jawab.

Sebagai tindaklanjut dari acara ini, akan dibuat pertemuan teknis untuk membahas lebih detil tentang Implementasi Sertifikat Elektronik pada Sistem Telemedicine. (#KB)

Tags: , , ,