Implementasi Sertifikat Digital pada Sistem Perizinan Online di DPMPTSP Pemerintah Kab Kuningan

Post 5 of 55

Demi untuk memberikan pelayanan publik yang prima, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, Jawa Barat membuat terobosan baru dengan mengimplementasikan Sertifikat Digital pada Sistem Perizinan Online yang mereka miliki. DPMPTSP menggandeng Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) untuk merealisasikan hal ini.

180309_CA_Kuningan_1

Pada tanggal 9 Maret 2018, telah dilakukan penyerahan Sertifikat Elektronik BPPT kepada Kepala DPMPTSP, Kepala Bidang, dan Kepala Seksi. Penyerahan dilakukan langsung oleh Kepala BJIK, Kelik Budiana, didampingi 3 (tiga) orang perekayasa BPPT, dengan disaksikan oleh seluruh Pejabat di lingkungan DPMPTSP.

180309_CA_Kuningan_2

Dengan diterapkannya Sertifikat Digital ini maka akan didapat 3 (tiga) keuntungan, yaitu, pertama, dari sisi autentifikasi, hanya orang yang berhak yang bisa menandatangani sebuah dokumen elektronik. Kemudian yang kedua adalah keutuhan atau integrity dari sebuah data di dokumen elektronik. Bahwa sebuah dokumen elektronik yang sudah ditandatangani secara elektronik, ketika diubah satu huruf saja maka akan bisa diketahui bahwa dokumen itu sudah tidak asli.

Ketiga adalah nirsangkal. Artinya seseorang yang sudah menandatangani secara elektronik sebuah dokumen elektronik maka tidak akan bisa menyangkal bahwa memang dia telah menandatangani dokumen tersebut.

Kepala DPMPTSP, Lili Suherli, memberikan apresiasi kepada BJIK BPPT atas kerjasama ini. (#KB)

Tags: , , , , ,