Implementasi Sertifikat Digital Pada Sistem Pelaporan Tugas Luar Kantor

Post 15 of 35

Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) telah menerapkan Sistem Monitoring dan Evaluasi Kegiatan (Simonev), dengan salah satu fiturnya adalah Sistem Pelaporan Tugas Luar Kantor. Setiap pegawai yang melakukan tugas di luar kantor, diwajibkan memberikan laporan kepada atasannya. Laporan berisi tentang hasil dari kegiatan tersebut, permasalahan yang dihadapi, jika ada, serta tindaklanjut yang diperlukan untuk kelangsungan sebuah kegiatan. Laporan ini akan sangat berguna bagi atasan untuk melakukan pengambilan keputusan terhadap langkah-langkah yang harus diambil selanjutnya. Dengan sistem laporan secara online, maka data dan masukan yang didapatkan akan relatif cepat, dan bisa diakses di mana dan kapan saja.

Untuk menjamin ke-otentikan pengguna,keakuratan dan keamanan data, dalam arti bahwa, pelapor kegiatan adalah benar-benar pegawai yang bersangkutan, maka Simonev ini diintegrasikan dengan Sertifkat Digital, sebagai proyek percontohan bagi transaki-transaksi elektronik lainnya. Setiap pegawai diberikan sertifikat digital oleh BPPT sebagai salah satu pemegang Certification Authority (CA) untuk pemerintah, tentu saja, setelah memenuhi persyaratan dan proses yang ditentukan, agar bisa menggunakan sistem ini.

Implementasi Sertifikat Digital ini mulai digunakan pada saat pegawai melakukan proses login ke dalam sistem. Ketika pegawai membuat laporan, maka laporan tersebut juga harus ditandatangani secara digital, sebelum laporan bisa dilihat oleh atasannya.

Aturan Login SIMONEV

Aturan Login SIMONEV

 

Dengan sistem ini, keaslian dan keamanan data diharapkan akan lebih terjamin, sehingga lalu lintas data hanya akan terjadi terhadap pengguna yang memang berhak untuk mendapatkannya.

Tujuan lain dari proyek percontohan ini adalah untuk mendorong transkasi-transaksi elektronik lainnya, khususnya di pemerintahan, agar sesegera mungkin menggunakan Sertifikat Digital. (KB)

Tags: , , , , ,