Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Digital di Komisi Pemberantasan Korupsi

Post 6 of 23

 

Gambar Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Digital Di KPK

Gambar Sosialisasi Pemanfaatan Sertifikat Digital Di KPK

Pemalsuan dokumen saat ini memang menjadi suatu masalah yang perlu dicari solusinya. Teknologi yang memungkinkan untuk bisa menjawab masalah pemalsuan dokumen tersebut adalah Public Key Infrastructure, dimana dengan adanya teknologi tersebut 4 aspek keamanan yang ada didalam fungsi Sertifikat Digital bisa dimanfaatkan untuk mencegah pemalsuan dokumen seperti confidentiality, integrity, authentication, dan non-repudiation.

Terkait dengan pemanfaatan Sertifkat Digital, pada hari Selasa tanggal 7 Maret 2017  telah dilakukan sosialisasi pemanfaatan Sertifikat Digital untuk instansi pemerintah. Pertemuan yang dipimpin oleh Bapak Hary Budiarto, Deputi Bidang Informasi dan Data juga dihadiri oleh tim dari iOTENTIK BPPT dan tim internal KPK.

Dalam kesempatan tersebut tim dari iOTENTIK BPPT memaparkan mengenai manfaat dari Sertifikat Digital serta diperlihatkan juga mengenai beberapa intansi pemerintah yang telah menggunakan terlebih dahulu Sertifikat Digital untuk diintegrasikan kedalam aplikasi yang ada. Di akhir sesi paparan tim iOTENTIK mendemokan mengenai aplikasi SPeED yang merupakan aplikasi penandatanganan digital berbasis mobile yang digunakan di Badan Kepegawaian Negara.

Untuk rencana implementasi Sertifikat Digital di lingkungan KPK disepakati akan diujicobakan integrasi antara Sertifikat Digital dengan aplikasi SIKD atau aplikasi persuratan. Aplikasi ini menggunakan SSO untuk pengiriman nota dinas internal maupun surat eksternal yang digunakan oleh seluruh pegawai KPK. Untuk tahap awal ini Sertifikat Digital akan digunakan sebagai otentikasi dan tanda tangan digital pada setiap dokumen.

Tags: , , , , ,