Riset Keamanan Sistem Informasi BPPT Provinsi Jawa Barat

Post 25 of 26

 

Ketika dunia terhubung melalui jaringan global, ancaman dan serangan cyber seperti hackingmalicious virus dan Distributed Denial of Service (DDOS) telah meningkat kejadiannya secara drastis. Namun, tingkat kesiapan keamanan cyber pada instansi pemerintah Indonesia umumnya relatif masih sangat rendah.

Mengingat peran Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Provinsi Jawa Barat (BPPT) dalam hal pelayanan perizinan kepada masyarakat atau Government to Citizen (G2C), maka perlindungan sistem informasi di BBPT menjadi sangat penting. Berdasarkan pertimbangan tersebut, Tim Konsultan dari Cyber Security Center (CSC) ITB –Jatinangor yang merupakan kerja sama antara Korea International Cooperation Agency (KOICA) dan Institut Teknologi Bandung, menawarkan konsultasi keamanan informasi untuk Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Provinsi Jawa Barat (BPPT).

Konsultasi keamanan informasi yang telah dilakukan dipimpin oleh satu ahli dari KOICA yaitu Mr. Kim Jong Jin dan  konsultan CSC yaitu Wildan Najib, Septafiansyah, Aries Syamsuddin, Wisnu Nurdiyanto, Patrick Telnoni dan Perdana Kusumah.    Kegiatan dilaksanakan mulai dari tanggal 24 April -3 Maret 2014. Kerja lapangan di kantor BPPT telah dilakukan pada tanggal 24 -27 April 2014.

Hasil konsultasi yang dipaparkan secara langsung oleh Tim Cyber Security Center (CSC) ITB kepada Dr. Ir. H. Dadang Mohamad, MSCE selaku Kepala Badan Pelayanan Perijinan Terpadu Provinsi Jawa Barat (BPPT) beserta jajaran staf teknologi informasi.

Tim CSC telah mengukur tingkat risiko sistem informasi BPPT melalui diagnosis kerentanan dalam aspek manajerial dan teknis dan memberikan rekomendasi penanggulangan terhadap temuan yang terkait keamanan informasi. Tim CSC berharap hasil konsultasi ini dapat bermanfaat tidak hanya untuk peningkatan tingkat perlindungan informasi BPPT tetapi juga untuk meningkatkan kepedulian keamanan untuk pejabat BPPT. Hasil konsultasi ini juga dapat dijadikan sebagai dasar pertimbangan ketika BPPT ingin memperoleh sertifikasi ISO27001 di masa yang akan datang.

Sumber : http://bppt.jabarprov.go.id/index.php/subMenu/informasi/berita/detailberita/280