Aplikasi BJIK

 

E-Arsip

Sistem Informasi Arsip E-Arsip merupakan aplikasi yang membantu dalam melakukan pengarsipan dokumen atau berkas. Penanganan arsip yang semula berbasis konvensional memerlukan waktu dan sumberdaya yang cukup besar dan merepotkan, serta kemungkinan kesalahan penanganan arsip tersebut, perlunya ruangan yang cukup besar untuk menampung seluruh dokumen arsip dan besarnya resiko kerusakan dan kehilangan dokumen arsip serta proses pencarian arsip memerlukan waktu yang cukup lama. Dengan E-Arsip penyimpanan dokumen arsip secara elektronik, sehingga mampu mengatasi masalah keterbatasan ruang penyimpanan dokumen, memberikan kemudahan dalam proses pencatatan, pencarian, pertelaan dan pelaporan dokumen arsip  secara online, Kemudahan bagi pengolah arsip (baik di masing-masing unit kearsipan maupun di pusat arsip)  untuk mengelola arsip serta memberikan kemudahan bagi pengolah arsip di pusat arsip untuk memberikan penilaian terhadap masing-masing unit pengolah.

e-arsip

E-Surat

Sistem Informasi Persuratan E-Surat  mendukung aktivitas kedinasan terkait dengan masalah surat-menyurat. E-Surat dapat diakses dengan mudah sehingga pengambilan keputusan bisa dilakukan dengan lebih cepat dan tepat. E-Surat memungkinkan penyimpanan dokumen surat-menyurat secara elektronik, sehingga mampu mengatasi masalah keterbatasan ruang penyimpanan dokumen, memberikan kemudahan dalam proses pencarian dan pencetakan dokumen surat-menyurat secara online seta memberikan kemudahan bagi atasan untuk melihat daftar surat yang masuk/ keluar, dan kemudahan dalam memberikan disposisi secara online tanpa terganggu jarak maupun waktu.

e-surat

SIM Perizinan

Sistem Informasi Perizinan merupakan aplikasi yang digunakan untuk memudahkan pemohon dan staf pelaksaana pemroses perizin, Pemohon izin dapat melakukan permohonan izinnya dan menyerahkan syarat secara online dan secara real time dapat memonitor status permohonan izin yang telah diajukan. Pemrosesan berkas permohonan dapat dilakukan secara mudah dan tanpa kertas (peper less) serta penanda tanganan dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi.

perizinan

Sistem Datawarehouse

Sistem Data Warehouse merupakan suatu sistem mengumpulkan bebeapa data dari beberapa sumber data dengan salah satu tujuan sebagai sistem pelaporan otomatis bagi pembuat keputusan (manajemen). Salah satu bentuk aplikasi pelaporan otomatis ini adalah Sistem Digital Dashboard. Sistem ini dapat melaporkan data-data dengan berbagai macam dimensi (tergantug dari sumber datanya). Sistem ini memudahkan pembuat keputusan dalam memonitor pelaksanaan kegiatan diberbagai Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

dwh

SIM Kelurahan

Sistem Informasi Kelurahan merupakan aplikasi yang digunakan untuk membantu kelurahan dalam memberikan layanan masyarakat dalam memberikan surat keterangan. Dengan aplikasi SIM Kelurahan proses pengarsipan surat keterangan yang telah dikeluarkan dapat dilakukan dengan mudah sehingga rekap pelaporan dapat dibuat dengan cepat dan tepat.

simkel

Sistem Penandatangan Digital (SPEeD)

SPEeD merupakan modul yang digunakan untuk menjadikan aplikasi yang ada menjadii aplikasi yang dapat mengimplementasikan sertifikat elektronik tanpa mengubah banyak aplikasi yang telah dibangun sebelumnya.Modul SPEeD digunakan untuk menandatangani berkas atau dokumen dengan menggunakan sertifikat elektronik. Proses penandatangan berkas atau dokumen menjadi lebih mudah untuk dilakukan kapan dan dimanapun, hanya dengan fasilitas internet dan smartphone  proses penandatangan dapat dilakukan seara cepat dan aman.

speed