Hentikan Gratifikasi, Stop Korupsi, KKN Bukan Solusi. Wilayah Bebas Korupsi, Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Perjanjian Kerjasama Uji Coba Sistem Pembelian Alat Kesehatan Secara Elektronik Menggunakan Teknologi Electronic Data Interchange Antara Badan Pengkajian Dan Penerapan Teknologi dengan PNORS Technology Group

Post 6 of 21

pks_pnors

Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi  (BPPT) dalam menjalankan salah satu peran di  bidang teknologi, berupaya  mengkaji sistem  Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)  untuk bidang kesehatan yang mengatur arus  penyediaan kebutuhan medis. Salah satu  tujuannya adalah   peredaran obat yang lewat  masa pakai atau  kedaluwarsa, bahkan obat  palsu, dapat dihindarkan.

BPPT dalam hal ini berupaya mengkaji  teknologi yang dapat dimanfaatkan oleh fasilitas kesehatan untuk memenuhi kebutuhan obat melalui portal business to business. Nantinya, teknologi ini dapat digunakan oleh industri pelayanan kesehatan, seperti rumah sakit, puskesmas, pemerintah daerah, dan industri farmasi yang akan masuk ke dalam sistem cloud.

Sistem yang digunakan PNORS dan diterapkan di Australia ini telah sesuai dengan standar kesehatan internasional. Karena itu, pertukaran informasi dan pengalaman dalam kerjasama dengan PNORS terkait sistem TIK medis dan kerjasama bidang lainnya sangat diperlukan.

Guna menyesuaikan dengan bisnis proses dan ketentuan regulasi yang diterapkan di Indonesia maka dibuatlah perjanjian kerjasama ini yang bertujuan menguji Sistem e-Procurement untuk Healthcare menggunakan Teknologi Electronic Data Interchange (EDI). Sistem akan ditempatkan di Data Center Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) BPPT menggunakan Sistem Cloud.

Hasil uji coba ini diharapkan dapat mengetahui keunggulan-keunggulan sistem disesuaikan dengan standar dan perundangan yang berlaku di Indonesia.

Tags: , , ,