Hentikan Gratifikasi, Stop Korupsi, KKN Bukan Solusi. Wilayah Bebas Korupsi, Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

Pelatihan dan Diskusi Implementasi SIMPUS di Puskesmas Pisangan – Tangsel

Post 3 of 21

Sesi pelatihan dan diskusi terkait implementasi Sistem Informasi Puskesmas (SIMPUS) ini merupakan tindak lanjut dari pengembangan Sistem Informasi Kesehatan Daerah (SIKDA) di Kota Tangerang Selatan.

Sebagai tahap ketiga dalam proses Software Development Life Cycle (SDLC), pada tahap ini dilakukan perbaikan aplikasi bila diperlukan, sekaligus mengumpulkan bahan-bahan evaluasi untuk pengembangan lebih lanjut, dengan orientasi menjadikan SIMPUS Kota Tangsel bisa lebih ramah pengguna dan tepat sasaran sekaligus lebih efektif dan efisien dalam proses pencatatan, pengelolaan dan pelaporan informasi kesehatan tingkat Kabupaten/Kota secara terpadu dan berjenjang mulai dari tingkat Puskesmas sampai dengan Walikota.

Profil Puskesmas dan Kondisi Eksisting

Puskesmas Pisangan di kecamatan Ciputat Timur, yang terletak di sebelah tenggara Tanggerang, dengan luas wilayah : 797 Ha. Beralamat di   Jl. Hijau Lestari VII, Perumahan Pondok Hijau kel. Pisangan, Ciptim Kota Tangerang Selatan   Telp. (021) 37615824 adalah :

  • Sebelah Barat : Wilayah Kerja PKM Ciputat ( Kec. Ciputat )
  • Sebelah Timur : DKI Jakarta
  • Sebelah Utara : Wilayah Kerja Puskesmas Jurangmangu Timur ( Kec.    Pondok Aren )
  • Sebelah Selatan : Wilayah Kerja PKM Pamulang ( Kel. Pd Cabe Ilir )
pelatihan-dan-diskusi-implementasi-simpus-di-puskesmas-pisangan-tangsel

Gambar 1. Puskesmas Pisangan, Kota Tangerang Selatan (Tampak Depan)

 

Suasana Kegiatan

Sesi ini diikuti oleh para dokter dan tenaga medis perwakilan dari poli dan unit kerja yang ada di Puskesmas Pisangan.  Hadir juga Ibu Rukmini selaku Kepala Seksi Sistem Informasi Kesehatan (SIK) dan Bapak Agus dari Kantor Dinkes Kota Tangsel untuk mengawal dan mengawasi secara langsung pelaksanaan kegiatan.Hadir sebagai trainer / nara sumber dari BPPT adalah Bpk. Cahyono Nugroho dan Bpk. Nursodik.

 Jaringan internet menggunakan Indihome dengan hasil pengukuran bandwidth yang cukup variatif dengan kisaran antara 3 s.d 5 Mbps.  Pengukuran dilakukan langsung pada saat sesi pelatihan dilakukan.

Komputer untuk mengakses SIMPUS sudah tersedia di bagian pendaftaran, poli umum, poli gigi, dan apotek.  Adapun komputer yang dipergunakan pada bagian / aktor kasir dirangkap pada bagian / aktor  pendaftaran.

Gambar 1. Pelatihan Pendaftaran Pengunaan E-KTP

Gambar 1. Pelatihan Pendaftaran Pengunaan E-KTP

 

pelatihan-dan-diskusi-implementasi-simpus-di-puskesmas

Gambar 2. Pelatihan

 

pelatihan-dan-diskusi-implementasi-simpus

Gambar 3. Diskusi Bersama Peserta

Tags: , , , , ,