Komputasi Awan dan Data Center BPPT Sebagai Pusat Unggulan IPTEK

Post 7 of 26

Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) atau yang dahulu dikenal sebagai nama Balai IPTEKnet adalah salah satu unit dibawah Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) yang berperan dalam layanan penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) untuk keperluan Pemerintah Pusat, Pemerintah Daerah, Publik, Komunitas IPTEK, dan Industri.

Salah satu layanan BJIK-BPPT adalah Komputasi Awan dan Data Center bagi instansi pemerintah. Ini merupakan wujud atas penyediaan infrastruktur bersama dan menjadikan penyediaan, pengolahan, dan pendistribusian informasi dilakukan secara lebih cepat, efisien, efektif, transparan, dan akuntabel. Sehingga informasi tersebut tidak kehilangan nilai dan bahkan dapat menciptakan nilai tambah bagi masyarakat. Dan menempatkan prasarana informasi dan komunikasi hanya sebagai pelengkap dan pendorong, harus dilakukan sesuai dengan kondisi global yang menuntut TIK menjadi motor penggerak pembangunan.

Dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 96 Tahun 2014 tentang Rencana Pitalebar Indonesia 2014-2019, kebijakan utama dan strategi untuk mencapai sasaran pembangunan pitalebar Indonesia adalah dengan mempercepat implementasi e-Pemerintahan dengan mengutamakan prinsip keamanan, interoperabilitas, dan skema pendanaan yang efektif. Melakukan moratorium pembangunan fasilitas pusat data dan pusat pemulihan data (data recovery center) oleh instansi pemerintah, untuk kemudian bermigrasi ke pusat data bersama dengan memperhatikan solusi sistem yang efisien dan ramah lingkungan, seperti komputasi awan (cloud computing).

Untuk itu BJIK-BPPT telah melakukan terobosan membangun data center dengan konsep “green technology” dan merintis layanan teknologi komputasi awan sejak tahun 2012. Pemanfaatan layanan komputasi awan yang sangat besar membuat BJIK-BPPT sebagai pengelola terus berupaya mengembangkan teknologi-teknologi yang dipergunakan. Pengembangannya mulai dari pengembangan teknologi terhadap jaminan ketersediaan data, akses, keamanan informasi dan sebagainya.

Guna meningkatkan kepercayaan kepada masyarakat pengguna, BJIK-BPPT mengikuti Program Pengembangan Pusat Unggulan IPTEK KEMENRISTEKDIKTI. Program tersebut memberikan bantuan pembinaan kepada lembaga untuk menjadi Center of Excellence (Pusat Unggulan) dimana lembaga harus memenuhi syarat yang ditetapkan.

Adapun dari hasil mengikuti program tersebut BJIK-BPPT telah berhasil mempertahankan sertifikasi lembaga yaitu ISO 9001:2008 untuk Standard Manajemen Mutu, dan ISO 27001:2013 untuk Standard Sistem Manajemen Keamanan Informasi. Selain itu BJIK-BPPT juga telah melakukan sertifikasi terhadap personil dalam pengelolaan komputasi awan dan data center. Kedepan akan ditambah lagi dengan sertifikasi keahlian personil dan sertifikasi Data Center yang berskala internasional.