1. Q : Apa itu IPTEKnet?
A : IPTEKnet adalah salah satu Balai di BPPT dimana tugas pokoknya adalah melaksanakan penerapan dan            pengembangan serta pendayagunaan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya teknologi informasi (TI).

2. Q : Apa itu BPPT?

A : BPPT merupakan lembaga pemerintah non-departemen yang berada dibawah koordinasi Kementerian Negara Riset dan Teknologi yang melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pengkajian dan penerapan teknologi.

3. Q : Layanan apa saja yang ditawarkan oleh Balai IPTEKnet?

A : Kami memiliki layanan berupa data center dan cloud computing yang terdiri. Selain itu kami juga melayani jasa konsultasi pembangunan IT masterplan serta pengembangan aplikasi sistem informasi.

4. Q : Siapa saja yang bisa menjadi mitra kerja Balai IPTEKnet?

A : Instansi pemerintah daerah, pemerintah pusat maupun instansi non pemerintahan atau swasta.

5. Q  : Bagaimana caranya menjadi mitra kerja Balai IPTEKnet?

A  : Silakan kontak kami langsung via email di custcare@iptek.net.id atau via telepon di (021) 75791260-63 Ext 3320. Kami siap melayani kebutuhan instansi Anda setiap saat.

6. Q : Apa itu Cloud Computing?

A : Cloud Computing adalah gabungan pemanfaatan teknologi komputer (“komputasi”) dan pengembangan berbasis internet (‘awan’). Menurut sebuah makalah tahun 2008 yang dipublikasi IEEE Internet Computing “Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain”.

7. Q : Salah satu produk layanan Balai IPTEKnet adalah Cloud Computing. Apa saja jenis layanan Cloud Computing yang itu?

A : Berdasar jenis layanannya, Cloud Computing dibagi menjadi 3 yaitu:

  1. Software as a Service (SaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana user tinggal memakai software(perangkat lunak) yang telah disediakan. User cukup tahu bahwa perangkat lunak bisa berjalan dan bisa digunakan dengan baik. Contoh: layanan Aplikasi e-Government (cloud government)
  2. Platform as a Service (PaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana user menyewa “rumah” berikut lingkungan-nya (sistem operasi, network, database engine, framework aplikasi, dll), untuk menjalankan aplikasi yang user buat. User tidak perlu pusing untuk menyiapkan “rumah” dan memelihara “rumah” tersebut. Yang penting aplikasi yang dibuat bisa berjalan dengan baik di “rumah” tersebut.
  3. Infrastructure as a Service (IaaS) adalah layanan dari Cloud Computing dimana user bisa “menyewa” infrastruktur IT (komputasi, storage, memory, network dsb). User bisa definisikan berapa besar-nya unit komputasi (CPU), penyimpanan data (storage) , memory (RAM), bandwith, dan konfigurasi lain-nya yang akan disewa. Mudah-nya, IaaS ini adalah menyewa komputer virtual yang masih kosong, dimana setelah komputer ini disewa user bisa menggunakannya terserah sesuai kebutuhan. User bisa install sistem operasi dan aplikasi apapun diatas-nya. Keuntungan dari IaaS ini adalah user tidak perlu membeli komputer fisik, dan konfigurasi komputer virtual tersebut bisa kita rubah (scale up/scale down) dengan mudah. Sebagai contoh, saat komputer virtual tersebut sudah kelebihan beban, kita bisa tambahkan CPU, RAM, Storage dsb dengan segera.