BPPT adakan Sosialisasi Data Warehouse untuk mendukung Teknopark Kota Palopo

Post 5 of 26

DW_Palopo 01 Sehubungan dengan rangkaian acara Safari Pusat Unggulan Iptek Bakti Teknologi untuk Negeri, Hari Kebangkitan Teknologi Nasional tahun 2017, pada hari Selasa, 11 Juli 2017, di aula kantor BPKAD Kota Palopo dilaksanakan Sosialisasi Data warehouse untuk mendukung Teknopark Kota Palopo. Acara ini dihadiri oleh perwakilan staf teknis di bidang TIK di lingkungan Pemerintah Kota Palopo.

Dalam acara tersebut Balai Jaringan Informasi dan Komunikasi (BJIK) diwakili oleh Andri Saputra, staf Sie. Program dan Penerapan Teknologi BJIK, yang menyampaikan mengenai arsitektur pembangunan data warehouse untuk mendukung sistem aplikasi terintregasi di kota Palopo. Dalam melakukan proses pembangunan data warehouse ini, diawali dengan pendataan kondisi eksisting yang meliputi: infrastuktur jaringan, server serta aplikasi-aplikasi yang sudah tersedia di Kota Palopo sebagai data awal untuk pengembangan digital dashboard.

Selain memberikan penjelasan mengenai arsitektur dalam pembangunan data warehouse, Andri Saputra juga menyampaikan keberhasilan BJIK pada saat mendampingi beberapa instansi pemerintah pusat dan daerah dalam mengembangkan TIK termasuk penerapan data warehouse. Dalam memberikan pelayanan kepada instansi pemerintah pusat dan daerah, BJIK didukung dengan infrastuktur TIK yang cukup memadai, meliputi Data Center dan Pusat Komputasi Awan (Cloud Computing) serta didukung oleh Sumber Daya Manusia yang kompeten dan memiliki sertifikasi keahlian di bidang TIK.

Datawarehouse Palopo 03

Diakhir acara sosialisasi ini, diadakan sesi tanya jawab. Pada sesi tanya jawab ini terlihat antusias peserta dalam menyampaikan banyak pertanyaan termasuk dari pejabat di lingkungan pemerintahan, terkait dengan kendala-kendala dalam penerapan TIK di instansi mereka. Beberapa peserta juga meminta solusi dalam upaya peningkatan penggunaan TIK dalam lingkungan pemerintahan.

Tags: ,