Hentikan Gratifikasi, Stop Korupsi, KKN Bukan Solusi. Wilayah Bebas Korupsi, Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani.

BJIK Merambah Mobile Programming dengan Framework IONIC

Post 4 of 18
Ionic Framework

Ionic Framework

BJIK sebagai salah satu unit kerja di BPPT yang bergerak di bidang teknologi informasi, selalu mengikuti perkembangan teknologi agar dapat menghasilkan aplikasi-aplikasi yang lebih inovatif. Dalam rangka peningkatan keahlian sumber daya manusia, BJIK telah menyelenggarakan pelatihan pemrograman mobile dengan menggunakan framework Ionic. Pelatihan tersebut dilakukan selama 5 hari yaitu tanggal 27 Febuari 2017 sampai dengan 3 Maret 2017 dan diikuti oleh 6 orang staf BJIK dengan trainer dari Inixindo. Lalu apa itu Ionic?

Ionic adalah sebuah framewok aplikasi mobile berbasis HTML5 yang dapat digunakan untuk mengembangkan apikasi mobile dengan teknologi web seperti HTML, CSS, dan Javascript. Dengan menggunakan Ionic, para developer web bisa membuat aplikasi lintas platform seperti untuk Android dan iOS maupun Windows tanpa perlu belajar bahasa pemrograman Java, Objective C, atau C# untuk membuat aplikasi. Jadi jika anda mempunyai website atau WebApp dan ingin dibuatkan aplikasi mobile-nya, Ionic Framework adalah pilihan yang tepat.

Ada beberapa kelebihan Ionic, diantaranya menggunakan lisensi open source (tidak berbayar) dan menggunakan teknologi web terbaru yaitu Angular JS untuk implementasi logic-nya sehingga aplikasi mobile yang dikembangkan dapat berjalan sangat cepat seperti halnya aplikasi native.

Materi yang dipelajari dalam pelatihan Ionic antara lain:

  • HTML5/CSS/Javascript
  • Nama komponen visual di mobile App (android/iOS)
  • AngularJS
  • Dasar dasar NodeJS/NPM
  • Phonegap/Apache Cordova
  • Command line (CMD/Bash/Terminal Linux)
  • Cara membuat Apk atau membangun (building /compile)

Pelatihan ini diikuti dengan ujian sertifikasi dari BNSP sehingga diharapkan nantinya akan ada lebih banyak staf BJIK yang tersertifikasi mampu mengembangkan aplikasi mobile. Ujian sertifikasi ini meliputi 3 tahap, yaitu tes tertulis, tes praktek pemrograman mobile, dan terakhir tes wawancara dengan tim asesor dari BNSP.

Suasana saat pelatihan Ionic

Suasana saat pelatihan Ionic

Tes Wawancara dalam  rangka sertifikasi BNSP

Tes Wawancara dalam rangka sertifikasi BNSP

Peserta dan Trainer Pelatihan Iionic

Peserta dan Trainer Pelatihan Iionic

Tags: , , , ,