Object Oriented Programming (OOP) merupakan paradigma pemrogaman yang berorientasikan kepada object. Semua data dan fungsi pada paradigma ini dibungkus dalam class class atau object object. Bandingkan dengan logika pemrogaman terstruktur, setiap object dapat menerima pesan, memproses data, dan mengirimkan pesan ke object lainnya. OOP diciptakan untuk mengatasi keterbatasan pada bahasa pemrogaman tradisional. Konsep dari OOP sendiri adalah semua pemecahan masalah dibagi kedalam object. Dalam konsep OOP data dan fungsi-fungsi yang akan mengoperasikannya digabungkan menjadi satu kesatuan yang dapat disebut sebagai object.

Apa itu Object ?

Sederhananya, sebuah object adalah kumpulan dari variable dan fungsi yang dibungkus menjadi satu entitas.Entitas tersebut dapat berupa variable biasa. Sebuah object diciptakan melalui sebuah class atau dengan istilah instance of class. Object memiliki elemen utama :

  1. Attributes atau Properties : Yaitu nilai-nilai yang tersimpan dalam object tersebut dan secara langsung maupun tidak langsung menentukan karakteristik dari object tersebut.
  2. Method : Yaitu suatu aksi yang akan dijalankan atau dikerjakan oleh object tersebut.

Apa itu Class ?

Class dapat didefinisikan sebagai struktur data atau cetak biru dari suatu object. Lebih jelasnya adalah sebuah bentuk dasar atau blueprint yang mendefinisikan variable, method umum pada semua object. Object sendiri adalah kumpulan variable dan fungsi yang dihasilkan dari template khusus atau disebut class. Object adalah elemen pada saat run-time yang akan diciptakan, dimanipulasi, dan dibuang / destroy ketika eksekusi. Adapun class merupakan definisi statik dari himpunana object yang mungkin diciptakan sebagai instantiasi dari class.

Perhatikan contoh class berikut ini :

apa-itu-object-oriented-programming-oop

Contoh diatas memperlihatkan bagaimana mendfinisikan sebuah class dan meng-create sebuah instance dari class. Pada contoh di atas kita membuat sebuah class bernama “Kendaraan”. Dalam pembuatan class, pertama kita menggunakan kata kunci class yang diikuti oleh nama class, kemudian diakhiri dengan kurung kurawal. Di dalam kurung kurawal kita menuliskan kode-kode (berisi property dan method) supaya class tersebut bekerja seperti yang diinginkan.

Kode-kode di dalam sebuah class terbagi menjadi dua kelompok, yaitu property dan method. Property adalah suatu wadah penyimpanan di dalam class yang bisa menampung informasi. Sederhananya property itu bisa disebut sebagai variable di dalam class. Sedangkan method adalah fungsi yang ada di dalam class.

Perhatikan contoh berikut :

apa-itu-object-oriented-programming-oop

#meng-create object $saya_adalah_object dari class kendaraan

$saya_adalah_object= new kendaraan;

$saya_adalah_object ->set _har ga( 100000) ;

$saya_adalah_object->show_harga();

$saya_adalah_object->jalan();

Setiap property dan method memiliki identifier. Identifier-lah yang mengatur bagaimana property dan method digunakan. Identifier tersebut adalah public, private dan protected. Private berarti method atau property yang ada di dalam suatu class hanya bisa diakses di dalam classnya. Sedangkan pada method atau property yang bersifat public berarti method atau property tersebut bisa diakses di dalam dan di luar class.

Inheritance

Inheritance atau dalam bahasa Indonesianya disebut sebagai pewarisan adalah suatu cara untuk membuat sebuah class yang baru dengan menggunakan class yang lain yang sebelumnya sudah dibuat. Pada hubungan inheritance, sebuah class turunan mewarisi class leluhur (parent class). Oleh karena mewarisi, maka semua atribut dan method class dari induk akan dibawa (kecuali yang bersifat private), secara intrinsik menjadi bagian dari class anak. Adapun keuntungan yang didapat dari inheritance menambah fitur baru pada class anak dan mengubah atau mengganti fitur yang diwarisi dari class parent. adapun contoh class yang menggunakan konsep inheritance adalah :

apa-itu-object-oriented

Jika kita perhatikan di kelas anak sama sekali tidak memiliki fungsi hello, tetapi karena parentnya memiliki fungsi tersebut maka si anak dapat menggunakan fungsi tersebut, Selain menggunakan fungsi bapak, anak juga dapat menambah fungsi baru yaitu fungsi Hai.

 

Oleh : Hartanto Kurniawan, S.KOM